Friday, February 1, 2013

Ibu Kota Negara Indonesia yang Terlupakan

Bahan Berita - SOLOK SELATAN - Sungguh miris melihat kondisi bangunan peninggalan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Nagari Bidar Alam, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Saat berkunjung ke nagari tersebut, tampak kondisi bangunan saksi sejarah PDRI tidak terawat. Sentuhan tangan pemerintah dari kabupaten dan provinsi pun tampak kurang.

Ali Sabri Abas, Wali Nagari Bidar, mengutarakan, Tugu Bela Negara kondisinya tidak bagus lagi. Tugu tersebut dibangun pada 1981 era Guburnur Azwar Anas. Kondisi tugu kotor tak terawat. Dinding bangunan di sekitar tugu hitam penuh bekas lem tempelan pengumuman.

”Setiap tahun datang ke tugu tersebut, namun tidak pernah diperbaiki,” ungakap Ali.

Selain itu, rumah yang pernah ditempati para pejabat PDRI kini tidak layak huni lagi. Malah, satu rumah sudah hancur. Rumah jama kondisinya juga sudah lapuk. Dana rehap yang diberikan Kementerian Sosial tidak jelas. Rumah itu kini ditempati Eva Vismadewi (26) dan suaminya, Afrizal (30).

Tidak ada lagi peninggalan bekas PDRI di dalam rumah jama. Bahkan, tempat tidur Kepala PDRI, Syafruddin Prawiranegara, hanya ditaruh di gudang. Kondisinya juga sudah patah dan berkarat.

”Yang direnovasi itu hanya bagian luarnya saja, di dalamnya sudah lapuk,” ungkap Eva.

Di depan rumah jama, dulunya ada stasiun radio milik TNI AU, yakni Sender AURI. Bangunan tersebut kini sudah berlantai dua dan dijadikan Taman Pendidikan Alquran (TPA).

Selain itu, ada juga Masjid Mr Syafruddin Prawiranegara. Namun saat ini renovasinya bisa dibilang terbengkalai.

Ali menambahkan, usulan dana untuk perbaikan dan biaya perawatan aset PDRI sudah disampaikan ke Pemerintah Solok Selatan, namun pemkab menyerahkan itu ke Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Setelah dicek ke pemprov, dilempar lagi ke pemerintah pusat di Jakarta melalui Kementerian Sosial.

”Kita sudah tidak semangat lagi, begitulah perjalanannya. Bila pemerintah tidak mau merawat aset ini, biarkan kami yang membiayainya,” kata Ali pasrah. (ton)


Sumber : Okezone.com 

0 comments:

Post a Comment