Monday, January 28, 2013

Indonesia Darurat Narkoba

Ketua DPP Gerakan Nasional Anti Narkoba Marwan Jafar mengapresiasi kinerja BNN yang terus berupaya memberantas narkona dari semua lini.

Penggerebekan rumah artis Raffi Ahmad, menurut Marwan bukan tanpa bukti dan info awal yang kuat.

"BNN pun pasti tidak ingin mempertaruhkan reputasi dan kredibilitas dalam melakukan pekerjaannya jika hanya untuk mencari sensasi. Di satu sisi, BNN diharapkan tidak tebang pilih dalam menangkap gembong, pengedar maupun pemakai narkoba," kata Marwan dalam rilis kepada wartawan, Senin (28/1).

Marwan yang juga Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) meminta agar jalur peredaran dan masuknya narkoba seperti bandara dan pelabuhan untuk diketatkan pengawasannya. Pada titik ini, tambahnya,

BNN perlu menguatkan jalinan kerja sama dengan pihak terkait agar intensitas penyelundupan narkoba bisa semakin ditekan.

Inpres No 12 Tahun 2011 Tentang Pelaksanaan Kebijakan dan Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba. Pijakan hukum itu antara lain bisa digunakan oleh BNN atau penegak hukum untuk membersihkan seluruh aparatur negara dari pengaruh narkoba.

"Misalnya dilakukan sidak (inspeksi mendadak) atau tes urine secara rutin di kantor pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah. Negara dalam darurat narkoba tidak semata menjadi perhatian dan tanggung jawab BNN, tapi semua elemen masyarakat," pungkasnya.

Marwan menghimbau, perang terhadap narkoba harus terus diteriakkan, sebab bahaya yang ditimbulkan narkoba amat sangat dahsyat, seperti tindak kejahatan korupsi.

Selain itu, perlu adanya pendidikan anti narkoba sejak dini, itu bisa dilakukan lewat lembaga pendidikan formal dengan memasukkan kurikulum tentang narkoba di sekolah-sekolah baik negeri maupun swasata dan melalui pendidikan non formal.

"Jika langkah pencegahan sejak dini tidak dilakukan kita khawatir negara ini dalam bahaya.

Dengan pendidikan sejak dini  istilah negara bahaya narkoba bisa kita ubah menjadi negara bebas narkoba," tegas Marwan. (Hafidz Mukti/OL-9)


Sumber : Metrotvnews.com

0 comments:

Post a Comment